Selasa, 17 April 2012

Terjemahan Kitab AdabuL Mar'ah



Dari Abu Hurairoh :

Nabi Bersabda          : Sebaik baiknya wanita yaitu wanita yang apabila suaminya melihat wanita tersebut maka wanita itu menyenangkan suaminya, dan apabila wanita tersebut diperintah olehnya suaminya maka patuh/to’at, an bila ditinggalkan oleh suaminya maka wanita itu akan menjaga harta dan harga dirinya.
Nabi Bersabda          : Dimana pun wanita yang menginap semalaman dan dimana suaminya itu ridho, maka wanita tersebut masuk syurga.
Nabi Bersabda          : Apabila wanita pindah (sebab marah pd suami) selama semalaman dari tempat tidurnya suami, maka malaikat melaknati wanita tersebut hingga fajar tiba/ pagi.
Nabi Bersabda          : Barang siapa yang sabar dengan perilaku istrinya, Maka Alloh akan memberi pahala seperti pahala yang diberikan kepada Nabi ayyub as.
Barang siapa yang sabar dengan perilaku suaminya, maka Alloh akan memberikan pahala seperti pahalanya orang yang mati fi sabilillah.
Barang siapa yang menganiaya suaminya dan memaksa atas barang yang tidak kuasa dan menyakiti hatinya suami, maka akan dilaknati oleh malaikat Rohmat dan Malaikat adab.
Barang siapa yang sabar dengan penganiayaan suami, maka Alloh akan memberi pahala seperti pahalanya siti asiyah dan siti  maryam (putrid wanitanya imron).
Nabi Bersabda          : Ketika wanita itu sholat 5 waktu, puasa dibulan romadhondan menjaga farjinya dan to’at pada suami, maka di ucapkan pada wanita tersebut :
“ masuklah ke dalam syurga dari beberapa pintu syurga yang kamu kehendaki “
Nabi Bersabda          : tidak halal bagi seorang wanita memberikan makanan dari dari rumah suaminya kecuali dengan ijin suaminya, kecuali makanan matang yang dikuatirkan busuknya, dan apabila wanita itu memberikan makanan (kpd orang lain) dengan ridhonya suami, maka wanita itu akan mendapatkan pahalanya karena telah memberi makanan.
Dan apabila wanita itu memberikan makanan dengan tanpa seijin suami maka bagi si suami menapat pahala (ats pemberian makanan istrinya kpd orang lain) dan si istri mndapat dosa.
Ibnu Abbas berkata : Saya mendengar Rasulullah bersabda : Sesungguhnya wanita yang menjadikan malamnya untuk sholat dan siangnya puasa ,dan ketika suaminya mengajak si istri ke tempat tidurnya tetapi si istri itu mengundur ngundur nya dan bahkan bilang 1 jam lagi, maka besok di hari qiyamat wanita itu akan di seret dengan beberapa rantai, dan beberapa belenggu beserta beberapa syaithon yang lebih asor ( buruk) nya beberapa orang yang asor.
Di ceritakan dari Rasulullah SAW : Sungguh memintakan ampun kepada wanita (istri) yang to’at pada suaminya , yaitu burung yang ada di udara, ikan besar yang ada di air, dan malaikat yang ada di langit ,selagi wanita (istri) itu langgeng dalam ridhonya suami.
Nabi bersabda : siapapun pun istri yang durhaka pada suaminya maka dia akan di laknati oleh Alloh, malaikat, dan manusia dengan semuanya.
Nabi Bersabda : Barang siapa seorang istri bermuka cemberut dihadapan suaminya maka tiada kecuali ia akan berdiri di kuburannya kelak dalam keadaan hitam wajahnya.
Nabi Bersabda : Barang siapa seorang istri yang keluar dari rumahnya dengan tanpa ijin suaminya maka malaikat melaknatinya hingga ia kembali kerumah.
Nabi Bersabda : ketika wanita berucap kepada suaminya :” Saya tidak melihat dari kamu sedikitpun kebaikan “.
Maka leburlah / terhapuslah seluruh amalnya wanita (istri) tersebut.
Nabi Bersabda : Barang siapa seorang istri yang meminta cerai kepada suaminya dengan tanpa alasan yang membahayakan (untuk istri), maka harom baginya ,baunya syurga.
Nabi Bersabda : sesungguhnya Alloh itu tidak akan melihat kepada istri yang tidak bersyukur atas/kepada suaminya.
Abu Hurairoh berkata , saya mendengar Nabi bersabda : Apabila si istri itu memiliki harta seperti hartanya Nabi Sulaiman as dan si suami memakan sebagian harta tersebut, kemudian si istri berucap “ mana harta saya?”, Maka Alloh akan menghapus amalnya istri tersebut selama 40 tahun.
Nabi Bersabda : Permulaan pertanyaan kepada wanita/istri besok dihari qiyamat adalah tentang perkara yang berhubungan dengan sholatnya dan suaminya.
Dari Sa’id ibnu waqqos ra, saya mendengar Rasulullah bersabda : Sesungguhnya ketika wanita/istri itu tidak mampu membahagiakan suaminya dikala suaminya susah, maka Alloh dan malaikatNya akan melaknat dan membenci istri tersebut.
Dari Abu Ayyub Al-anshor r.a : saya mendengar nabi bersabda : Alloh menjadikan langit dunia kepada 70.000 malaikat, dan ke 70.000 malaikat akan melaknat seorang wanita yang cidera / berbohong dalam harta suaminya,  maka besok di hari qiyamat wanita itu akan di kumpulkan bersama dengan ahli sihir dan ahli peramal ,meskipun umurnya (istri) di habiskan untuk melayani suaminya.
Sulaiman Al Farisi berkata : saya mendengar Rasulullah saw bersabda : Jika seorang wanita melihat pada selain suaminya(orang lain) dengan syahwat , maka kelak kedua matanya akan dipaku di hari qiyamat.
Umar bin Khotob r.a ,sesungguhnya Rasulullah saw bersabda : Barang siapa seorang istri yang mengeraskan suaranya dihadapan suaminya, maka segala sesuatu akan melaknatnya ,mulai dari terbitnya matahari.
Dari Abu Dzar ,saya mendengar Rasulullah sawbersabda : Sesungguhnya jika seorang istri yang beribadah seperti ibadahnya ahli langit dan ahli bumi,namun kemudian menjadikan suami susah dari segi nafaqoh ,maka besok di hari qiyamat istri itu akan datang dengan keadaan tangannya di belenggu pada lehernya ,kakinya diikat, penutup nya di rusak, wajahnya cemberut dan malaikat yang sangat kasar dan sangat keras akan menarik istri itu menuju neraka.
Salman Al Farisi berkata ,saya mendengar Nabi bersabda : Barang siapa yang berhias dan memakai wangi wangian kemudian keluar dari rumahnya suami dengan
tanpa ijin suaminya , maka sesungguhnya istri terebut berjalan pada murkanya Alloh hingga ia kembali lagi kerumahnya suami.
Di ceritakan dari Ibni Mas’ud dari Rasulullah saw bersabda : Seorang istri yang mencucikan pakaian suaminya maka Alloh akan menuliskan 1000 kebaikan  dan mengampuni 1000 kejelekan , serta Alloh mengangkat 1000 derajat untuknya dan segala sesuatu yang keluar akan memintakan ampun untuknya dari mulai terbitnya matahari.
Shohabat Ali Karomallohu wajhah berkata , ketika saya masuk ke dalam rumah Rasulullah ,saya dan Fatimah menemukan Rasulullah dalam keadaan menangis dengan sangat, maka saya berkata : Demi bapak dan ibu saya Ya Rasulullah perkara apa yang menyebabkan engkau menangis?
Rasulullah menjawab : Hai Ali ,di dalam malam saya di isro’ kan (di perjalankan) ke langit ,dan saya melihat beberapa wanita dari umatku yang disiksa di dalam neraka dengan beberapa macam siksaan, maka saya menangis semasa melihat dari sangatnya siksaan itu.
1.     Saya melihat wanita yang di gantung dengan rambutnya, dan otaknya mendidih.
2.    Saya melihat wanita yang di gantung dengan lidahnya sedangkan air panas di guyurkan ke dalam tenggorokannya.
3.    Saya melihat wanita yang diikat ke dua kakinya pada kedua payudaranya ,sedangkan kedua tangannya pada ubun ubunnya dan Alloh menguasakannya pada beberapa ular dan kalajengking.
4.    Saya melihat wanita yang digantung dengan ke dua payudaranya
5.    Saya melihat wanita yang kepalanya seperti kepala celeng sedangkan badannya seperti badan khimar dan wanita itu mendapat 1 juta siksa.
6.    Saya melihat dengan rupa anjing, sedang api neraka itu masuk dari mulutnya dan keluar keluar dari duburnya dan malaikat memukul kepala wanita itu dengan beberapa “godo” dari api neraka.
Maka Fatimah Azzahra berdiri , hai kekasihku dan dan senangnya mata saya. Apakah ada amalannya wanita itu sehingga mendapat siksaan demikian?
Nabi bersabda :
-          Hai anak wanita kecilku, adapun wanita yang di gantung dengan rambutnya , maka sesungguhnya wanita itu tidak menutupi rambutnya dari beberapa laki laki.
-          Adapun wanita yang di gantung dengan lidahnya itu adalah wanita yang menyakiti suaminya.
-          Wanita yang di gantung dengan dengan ke dua payudaranya itu adalah wanita yang menginjak tempat tidurnya suami.
-          Adapun wanita yang diikat kedua kakinya pada kedua payudaranya sedangkan kedua tangannya pada ubun ubunnya ,dan Alloh menguasakan pada beberapa ular dan kalajengking ,maka sesungguhnya wanita itu karena tidak mandi jinabat dan haid,dan menertawakan / mempermudah dalam hal sholat.
-          Adapun wanita yang kepalanya seperti kepala celeng sedangkan badannya seperti badan khimar ,adalah karena wanita itu tukang mengadu domba serta ahli berbohong .
-          Dan wanita yang rupanya anjing sedangkan api masuk dari mulutnya dan keluar dari duburnya , karena wanita itu adalah ahli mengundat/mengungkit dan ahli hasud.
Hai anak wanita kecilku, “Neraka Uwel” itu adalah untuk wanita yang berma’siat kepada suaminya.
            Kesimpulan :
Sesungguhnya suami kepada istri itu sama seperti bapak kepada anak, karena to’atnya anak kepada bapak dan mencari ridlonya bapak itu adalah wajib, maka suami tidak wajib to’at kepada istri.
Nabi bersabda: Barang siapa yang membelikan sesuatu untuk keluarganya kemudian membawa dengan tangannya sendiri maka Alloh akan menghilangkan dosanya yang selama 70 tahun.
Nabi bersabda : Barang siapa yang membahagiakan anak wanitanya , maka seperti seakan akan ia adalah orang yang menangisi dosa dosanya karena takut kepada Alloh, dan Barang siapa menangis karena takut kepada Alloh ,maka Alloh mengharamkan pada dirinya atas api neraka.
Di ceritakn dari istrinya Khumaid As sa’idi, wanita itu berkunjung kepada Rasulullah saw ,dia berkata “ Ya Rasulullah, sesungguhnya saya itu senang sholat bersama dengan engkau”
Rasulullah menjawab : Saya tahu sesungguhnya kamu senang sholat bersama dengan ku,sedangkan sholat di dalam rumahmu itu lebih baik dari pada sholat di kamarmu , dan sholat di kamar mu itu lebih baik dari pada di masjidku.
Nabi bersabda : Saya keluar dari dalam syurga, dan saya melihat pada lenih banyaknya ahli syurga yaitu beberapa orang faqir, dan saya keluar dari dalamnya neraka ,dan saya melihat pada lebih banyaknya ahli neraka yaitu beberapa wanita .
Sedangkan banyaknya wanita yang masuk kedalam neraka itu karena sedikitnya to’at kepada Alloh,Rosul dan suaminya ,serta banyak berhias.
Berhias yaitu ketika wanita menginginkan keluar dari rumahnya memakai pakaian yang berlebihan serta berhias supaya cantik, dan keluar dengan tujuan supaya manusia lain (lawan jenis) tertarik dengan dirinya, Maka apabila wanita itu selamat di dalam dirinya, manusia lain tidak akan selamat dari dirinya. 
Dan karena hadits ini, Rasulullah bersabda : wanita itu aurot, ketika wanita keluar dari rumahnya , maka syaiton akan tertarik dengannya . sedangkan lebih dekatnya Alloh dengan wanita adalah ketika wanita tersebut berada di dalam rumahnya.



>>> Semoga Bermanfaat<<<

2 komentar: